Situs tentang segala macam tips. Mulai dari tips kecantikan, tips kesehatan, tips rumah, tips kuliner, tips liburan, tips pacaran, dan masih banyak lagi

Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih

Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih sengaja ditulis untuk muslimin dan muslimah yang melaksanakan ibadah puasa. Setelah tidak makan dan tidak minum seharian tentu saja pada saat bedug tiba adalah hal yang paling nikmat. Namun meskipun sudah saatnya kita berbuka puasa, lantas jangan asal makan dan asal kenyang karena kita masih harus menjalankan ibadah lain di malam harinya, salah satunya shalat tarawih. Nah supaya kamu tetap nikmat berbuka puasa dan lancar menjalankan shalat tarawih, berikut saya berikan tips-tipsnya.

Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih

Tips Buka Puasa

  1. Tips yang pertama yakni siapkanlah air putih. Mengapa air? Pertama air putih atau air mineral akan sangat bermanfaat untuk tubuh setelah seharian kita tidak makan dan minum. Tentu saja kandungan mineral dalam tubuh kita berkurang drastis, karena seharian terus dikeluarkan lewat keringat dan air kencing. Nah air putih akan mengembalikan cairan dalam tubuh, dan memberikan kembali energi kita. Selain itu air putih adalah minuman paling sehat di antara minuman yang lain.
  2. Kedua, makan makanan yang manis. Makanan yang mengandung gula mampu mengembalikan energi kembali. Jadi kamu bisa menyiapkan beragam camilan makanan yang manis pada saat berbuka. Jenisnya apa saja, bisa kue, roti, atau kurma. Nah saya sangat menyarankan untuk buah kurma ini, karena kurma mengandung banyak sekali nutrisi yang mampu membangkitkan kembali tenaga kita. Bahkan makan kurma saat buka kerap disarankan para ulama karena selain sehat juga bisa meneladani sunnah rasul. Dalam hadis HR. at Tirmidzi disebutkan "Jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan." Dalam hadis di atas kurma bahkan lebih diutamakan dari air putih. Namun saya sengaja menuliskan kurma nomer dua karena tidak semua orang menyediakan kurma saat puasa, bisa diganti dengan makanan lain.
  3. Ketiga yakni bisa diselingi dengan minuman manis baik hangat maupun dingin. Air putih meskipun sehat namun untuk berbuka pasti terasa hambar, karena itu minuman selingan yang paling pas adalah minuman lain. Teh hangat, susu, menu lain seperti kolak, es buah, bisa menjadi pilihan. Kandungan gula dalam minuman tersebut jelas akan membantu tubuh kita kembali bugar. Selain dalam hal nikmat rasa, jenis minuman manis tadi sangatlah pas sebagai penghilang dahaga setelah kerongkongan kita kering seharian.
  4. Keempat, makan makanan berat namun jangan berlebihan. Sebenarnya paling bagus adalah menunda makan makanan berat. Makan makanan berat lebih baik dilakukan setelah shalat tarawih. Karena energi kita sudah diisi dengan camilan yang sudah saya terangkan di atas tadi. Namun jika kamu merasa perlu makan makanan berat tidak masalah, makan saja tetapi secukupnya saja. Mengapa? Makanan yang terlalu banyak dalam tubuh kita malah tidak membuat kita bugar, melainkan rasa lemas dan kantuk. Padahal selang 45 menitan dari buka kita harus melaksanakan shalat tarawih. Jangan sampai kekenyangan saat buka malah menggangu shalat tarawih kita. Perut yang lama tidak diisi dengan makanan akan cepat terasa lebih kenyang karena itu cukup dengan camilan atau makanan berat secukupnya saja energi yang hilang pada saat puasa akan kembali.
  5. Dan tips yang terakhir yakni luangkan waktu olah raga atau gerak badan sebentar. Untuk menghindari rasa malas setelah berbuka, ada baiknya kita gerakkan tubuh kita sebentar. Satu sampai dua menit tidak masalah asalkan beri gerak supaya kita tetap bugar dan perut kita akan menjadi lebih longgar. 
            BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT MENU-MENU DI BULAN RAMDHAN 

            Nah itulah beberapa Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih supaya kamu tetap nikmat menjalankan ibadah puasa, eit jangan lupa shalat maghrib dahulu setelah berbuka. Semoga artikel mengenai Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih ini bermanfaat bisa menambah semangat kamu di bulan suci Ramadhan.

            Share on Facebook
            Share on Twitter
            Share on Google+

            Related : Tips Buka Puasa supaya Tidak Mengantuk saat Shalat Tarawih

            0 komentar:

            Post a Comment