Situs tentang segala macam tips. Mulai dari tips kecantikan, tips kesehatan, tips rumah, tips kuliner, tips liburan, tips pacaran, dan masih banyak lagi

Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan

Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan ini tentulah sanga penting bagi Anda baik yang baru saja menikah atau sudah lama berkeluarga. Sebagai contoh, untuk pasangan yang baru saja menikah, saat memutuskan untuk menikah, mau tidak mau kamu harus bersiap menghadapi banyak perubahan dalam kehidupan. Salah satunya adalah soal pengaturan keuangan. Jika dulu kamu hanya mengatur tentang pengeluaran untuk pribadi, maka sekarang saatnya untuk mengatur keuangan yang lebih besar lagi. 

Dan tidak semua pasangan dianugerahi rezeki yang berlimpah setelah menikah. Banyak juga yang masih memiliki penghasilan pas-pasan. Jadi butuh tips dan trik agar tidak terjebak dalam balada hutang keluarga. Apalagi terlilit rentenir hanya gara-gara gagal memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan kamu dan pasangan.

Kredit kendaraan, seperti kredit motor atau kredit mobil, kredit rumah, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kesehatan, pendidikan anak, investasi masa depan, rekening listrik, rekening tabungan, adalah hal seabrek berhubungan dengan kebutuhan keluarga yang perlu kamu perhatikan dengan teliti supaya kehidupan keluarga kamu tidak carut marut. Berikut ada beberapa Tips Mengelola Keuangan Keluarga. 

Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan
Tips Mengelola Keuangan untuk Investasi Masa Depan - Mengelola keuangan penting bagi pasangan, baik yang masih baru menikah maupun sudah lama menikah.

Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan 

Tentukan siapa yang akan mengelola keuangan keluarga? 
Ketika menikah, maka keuangan bisa dikelola oleh suami maupun istri. Sebaiknya, uang memang dikelola oleh orang yang bisa dipercaya. Yakni tidak mudah tergoda membeli barang-barang yang tidak berguna. Pikirkan juga, apakah gaji suami dan istri akan digabung jadi satu untuk membiayai pengeluaran harian atau bagaimana. Atau Anda dan pasangan cukup membagi beban pengeluaran secara adil. Misalnya saja istri menanggung biaya dalam seperti kebutuhan harian (makan sehari-hari dan lain-lain), listrik, dan air. Sedangkan suami berkewajiban memberikan biaya yang lebih berhubungan dengan luar seperti kredit motor, kredit rumah, asuransi mobil, asuransi kesehatan, pendidikan anak, dan lain-lain . 

Buat daftar keuangan
Setiap bulan, buatlah daftar keuangan baik pemasukan atau pengeluaran. Buat sedetil mungkin dari keuangan harian, keuangan bulanan, sampai keuangan tahunan. Misalnya untuk keuangan bulanan, yakni apa saja yang harus dikeluarkan dalam sebulan. Mulai dari biaya makan, minum, listrik, bensin, dan lain-lain. Pada saat gajian, masukkan dalam amplop yang telah berisi lis kebutuhan. Lalu segera distribusikan. Jangan sampai menyimpannya terlalu lama. Takutnya keburu digunakan untuk berbelanja yang tidak penting.

Tabungan
Sebaiknya buat rekening secara terpisah. Misalnya saja gaji kamu setiap bulannya dikirim menggunakan bank A, dan suami atau istri kamu menggunakan bank B. Maka buatlah rekening bank  baru bank C yang digunakan sebagai tabungan. Tujuannya pun beragam, bisa untuk biaya persalinan, beli rumah, atau untuk kebutuhan lain yang lebih besar.

Jangan terlalu kaku dan terlalu lentur
Jika sudah membuat lis, maka taati. Namun, jika memang ada kelebihan karena bisa mengirit sesuatu hal, bisa juga digunakan untuk berlibur atau untuk membeli sesuatu. Intinya ada saatnya untuk mengencangkan ikat pinggang, namun ada saatnya juga untuk longgar demi kebaikan. Sisihkan juga uang untuk sedekah dan menyenangkan orangtua. 

Investasikan uang Anda untuk masa depan
Jika beberapa tips di atas sudah kamu lakukan tentu saja keseimbangan keuangan dalam keluarga sudah bisa diatur. Nah kini saatnya lakukan investasi. Banyak investasi untuk masa depan antara lain investasi tanah, investasi rumah, atau investasi emas. Sebenarnya masih banyak hal untuk investasi, sesuaikan dengan sisa atau tabungan Anda jika ingi investasi dan jangan terlalu terburu-buru.  

Itulah beberapa Tips Mengelola Keuangan Keluarga yang dari berbagai sumber, salah satunya kami ambil dari Majalah Paras. Semoga ulasan mengenai Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan ini memberi manfaat bagi semua :) 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengelola Keuangan Keluarga untuk Investasi Masa Depan

0 komentar:

Post a Comment