Situs tentang segala macam tips. Mulai dari tips kecantikan, tips kesehatan, tips rumah, tips kuliner, tips liburan, tips pacaran, dan masih banyak lagi

Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi

Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi -  Tanaman sengon merupakan investasi menarik jika memiliki lahan luas. Apalagi jenis tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra ribet. Tanaman sengon, bila didipelihara dengan benar, bisa dipanen ketika usianya 3 tahun. Walau usianya masih terbilang muda, namun memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan kayu yang usia tanamannya 4 atau 5 tahun. 

Sekadar informasi investasi masa depan tidak terbatas pada investasi tanaman sengon, bisa juga jati dan lain-lain tergantung target dan kebutuhan Anda. Beberapa investasi di luar tanaman juga bisa menjadi pilihan beberapa diantaranya yakni investasi tanah dan investasi rumah. Untuk investasi non tanaman akan kami ulasan dalam bab tersendiri tipsnya. 

Dan kembali pada Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi bisa melalui kiat-kiat berikut:

Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi

Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi
Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi
Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi yakni:

Pemilihan bibit atau persemaian
Jika Anda akan menggunakan bibit, sebaiknya pilih yang memiliki kualitas unggulan. Benih yang bagus memiliki sertifikasi atau jelas asal-usulnya. Jangan ragu untuk menanyakannya pada penjual. Jika tidak, Anda bisa mengenalinya dari ciri fisik tanaman. Pilih bibit dengan ciri batang coklat muda tanpa bercak, daun segar, dan berbatang lurus. Jika akan menyemai, sebaiknya lakukan beberapa langkah di bawah ini. 
  • Lokasi persemaian harus berada di ketinggian 250 m dpl dan tempat terbuka. 
  • Sebelum disemai, biji harus direndam dalam air panas dan fungisida selama 5-10 menit. 
  • Lalu semai bibit pada media yang telah disediakan (biasanya menggunakan polibag). Semprot bibit tersebut menggunakan fungisida setiap 6 hari sekali sampai biji berkecambah. Lakukan pengamatan berkala. Singkirkan kecambah yang jelek dan terserang hama. 
Penanaman
Setelah bibit siap ditanam, lakukan langkah-langkah di bawah ini.
  • Perhatikan jarak tanamnya, usahakan rengang-rengang supaya  tanaman memiliki tempat yang luas untuk tumbuh.
  • Lakukan sistem tanam tumpang sari. Biasanya, tanaman ketela menjadi pilihan yang tepat. Tumpang sari dapat meminimalisir tingkat serangan karat puru. Tingkat serangannya bahkan hanya akan mencapai angka 8-10% saja. Selain itu, gulma juga bisa ditekan pertumbuhannya. 
  • Pada tanaman baru pindah, semprot fungisida berbahan aktif tembaga saat mendung. Lakukan penyemprotan ini seminggu sekali selama 1 bulan. 
  • Secara berkala, lakukan pemangkasan pada batang bagian bawah. Hal ini untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman. 
Informasi tentang Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi ini ditulis dengan bahan bacaan Majalah Trubus juga sumber lain. Dan akhir kata dari tim tipsholic, semoga artikel Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi yang sudah kami ulas di atas memberikan kegunaan untuk pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Sukses Menanam Sengon untuk Investasi

0 komentar:

Post a Comment