Situs tentang segala macam tips. Mulai dari tips kecantikan, tips kesehatan, tips rumah, tips kuliner, tips liburan, tips pacaran, dan masih banyak lagi

7 Tips Lebaran Tanpa Pembantu 2015

7 Tips Lebaran Tanpa Pembantu 2015 - Bagi masyarakat kota yang sudah terbiasa menggunakan jasa pembantu rumah tangga tentu akan merasa kesulitan saat lebaran karena ditinggal mudik pembantu. Kendala yang biasa terjadi adalah pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh pembantu harus kita kerjakan sendiri. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda lakukan saat Anda harus mengurus rumah sendiri.

7 Tips Lebaran Tanpa Pembantu 2015

1. Libatkan semua anggota keluarga dalam tugas harian rumah tangga

Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Hitung berapa anggota keluarga di rumah Anda dan mulai memanajemen tugas. Misalnya, suami, anak, atau ipar tidak masalah diberikan tugas rumah tangga seusuai dengan kemampuan. Karena pada hari-hari lebaran suami sudah tidak memikirkan pekerjaan, sekolah anak juga libur jadi mereka bisa membantu Anda dalam urusan rumah. Sebagai contoh, anak misalkan suami atau anak yang sudah cukup dewasa, bisa diberikan tugas ringan seperti membersihkan ruangan rumah seperti mengelap kaca, membersihkan langit-langit, membantu menyiapkan masakan di dapur, dan lain-lain. Untuk pekerjaan berat Anda bisa meng-handlenya sendiri.


2. Makan di luar atau pesan paket delivery
Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Tidak perlu memasak setiap hari saat libur lebaran, karena selain Anda bisa kelelahan, mungkin keluarga Anda juga bisa bosan. Apalagi bagi Anda yang tidak terlalu mahir memasak. Nah sesekali memasak sendiri di rumah, namun diselingi makan di luar atau bisa juga pesan paket makanan antar. Dengan begitu selain lebih praktis dan tidak repot, keluarga Anda juga tidak bosan dengan menu-menu rumah.

3. Sediakan menu makanan instan sebagai cadangan


Jika Anda bisa dan mahir memasak sendiri tidak masalah untuk memasak masakan yang membutuhkan waktu lama. Namun jika Anda merasa repot Anda bisa siapkan makanan instan sebagai cadangan sementara. Tentu saja pilih menu yang sehat semisal, sarden kalengan, nugget, jus, susu, dan lain-lain. Paling tidak ini sebagai cadangan jika Anda pesanan makanan paket delivery habis.

4. Agendakan Liburan

Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Atur jadwal piknik Anda pada masa libur. Dengan begitu Anda bisa mengurangi pekerjaan rumah. Piknik ibarat sambil mendayung dua tiga pulau terlampui, sembari melepas penat dengan berlibur seharian tentu saja Anda sekeluarga pastinya sekalian mengisi perut. Nah Anda tidak perlu lagi memikirkan menu masakan untuk hari-hari tertentu yang sudah diatur dalam agenda piknik.

5. Cari Jasa Laundry Kiloan


Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Repot saat lebaran karena ditinggal pembantu sudah jelas. Selain itu, pekerjaan akan terasa menumpuk, untuk meminimalisir Anda bisa "lemparkan" tugas berat ke penyedia, salah satunya perihal cuci pakaian. Untuk lebih ringkas Anda bisa menggunakan jasa laundry kiloan dan agar praktis sebaiknya ambil layanan paket laundry sekaligus setrika. Dengan begitu paling tidak satu tugas berat Anda sudah terselesaikan.

6. Atur jadwal sekali jalan

Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Anda harus pintar mengatur jadwal menyesuaikan dengan agenda Anda. Misalkan selama seminggu libur, berapa hari keluarga di rumah, berapa hari keluarga liburan. Supaya lebih praktis saat Anda keluar rumah Anda bisa melakukan rencana lain untuk esok hari. Misalkan sewaktu Anda dan keluarga akan berangkat liburan, sekalian mampir ke laundry untuk mengambil pakaian atau mengantar baju kotor. Bisa juga sekalian pesan makanan, sebenarnya bisa via telepon kalau soal ini, tapi jika Anda ingin memastikan menu makanan sewaktu pulang dari liburan Anda bisa mampir ke tempat makanan idola Anda. Selain itu Anda juga bisa mampir ke supermarket untuk membeli masakan untuk esok harinya.

7. Menyewa Jasa Pembantu Dadakan


Tips Lebaran Tanpa Pembantu

Ini adalah solusi terakhir jika 5 cara di atas masih terlalu merepotkan buat Anda yakni menyewa jasa pembantu dadakan. Jasa pembantu dadakan atau biasa disebut pembantu infal biasanya mereka dibayar per hari, ongkosnya pun berbeda-beda tergantung tugas yang dikerjakan. Saran jika memang Anda harus menyewa pembantu infal, untuk menghemat biaya Anda bisa menfokuskan jasa pembantu tersebut untuk tugas-tugas rumah yang memang Anda tidak bisa mengerjakannya.

Nah itulah beberapa solusi saat Anda ditinggal mudik pembantu. Semoga artikel mengenai 7 Tips Lebaran Tanpa Pembantu 2015 dari tipsholic.com ini bisa bermanfaat untuk semua :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Tips Lebaran Tanpa Pembantu 2015

0 komentar:

Post a Comment